Berkumur Air Cuka Bisa Cegah Virus Corona, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi air cuka apel (shutterstock)
Media sosial belakangan ini sangat berperan dalam penyebaran informasi terkait virus corona / covid 19 yang tengah membuat banyak orang resah bahkan dunia.

Banyak tips-tips sehat untuk mencegah virus corona yang berseliweran di media soasial terutama di grup-grup whatsapp bahkan di beranda facebook, yang tidak diketahui darimana sumbernya dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak.

Salah satunya tips yang beredar adalah berkumur air cuka bisa cegah virus corona, sehingga virus corona yang berada di tenggorokan bisa terangkat kembali dan tidak masuk ke dalam tubuh.

Tahukah kalian bahwa virus corona biasanya masuk ke dalam tubuh melalui cairan tubuh atau droplet yang terhirup lewat hidung, dan yang lebih umum lainnya adalah sentuhan tangan terhadap hidung sehingga virus corona mudah terhirup.

Sehingga sebagian dokter atau kebanyakan dokter tidak percaya bahwa dengan meminum suatu cairan dapat mengangkat virus corona yang ada di dalam tenggorokan. Sebab, virus corona yang merenggut banyak nyawa dipercaya tidak berkunjung ke tenggorokan.

Lembaga publik nasional Amerika Serikat, The Centers Control and Prevention (CDC) menegaskan, berkumur dengan cairan garam atau sejenisnya memang ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun, belum ada bukti bahwa dengan air garam bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Menurut seorang dokter dari University of Pennylvania, Amerika serikat, mengatakan bahwa berkumur dengan air garam hanya bisa meredakan peradangan tenggorokan, tapi tidak mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh hingga paru-paru.

Sebab itu air cuka dan garam atau sejenisnya bisa mencegah virus corona dapat dikatakan sebagai mitos.

0 Komentar