Bahaya Membilas Hidung Dengan Air Garam

Gambar Ilustrasi Membilas Hidung





















Selain kabar berkumur air garam atau cuka dan sejenisnya bisa mencegah virus corona masuk kedalam saluran pernapasan, berdar juga kabar membilas hidung dengan air garam bisa mencegah virus corona atau covid 19.

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) secara tegas mengatakan bahwa membilas hidung dengan air garam adalah mitos belaka.

Tidak ada bukti kuat bahwa membilas hidung dengan air garam dapat mengeluarkan kembali  atau mencegah masuknya virus corona dari hidung. Selain itu, membilas hidung dengan ir garam juga dianggap tidak ampuh dalam mencegah infeksi saluran pernapassan. 

Sampai sejauh ini lembaga penelitian dan para dokter berussaha keras mencari obat yang menyembuhkan virus corona, namun sampai saat ini obat bahkan vaksin belum ada kepastian, berbagai negara dibelahan dunia menunggu-nunggu vaksin untuk pencegahan atau menggobatan virus yang tak kunjung hilang.

Lalu apa tindakan dapat mencegah virus corona yang sudah terbukti?

Memakai Masker Jika Keluar Rumah
Di tempat umum resiko penularan penyakit sangat rentan, termasuk penularan virus corona yang mudah menular melalui droplet.

Mengguanakn Hand Sanitizer Di Luar Rumah
Gunakan hand sanitizer diluar rumah terutama bagi kalian yang sering menyentuh barang-barang umum, karena kecil kemungkinan mendapatkan air mengalir dan sabun untuk cuci tangan.

Mencuci Tangan Dengan Air Mengalir dan Sabun
Mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun efektif untuk menghilanhgkan atau mencegah penyebaran virus corona, terutama tangan yang banyak berkontak dengan banyak barang-barang dengan cuci tangan memungkinkan menularkan virus apabila tidak sadar menyentuh hidung, mata, mulut atau yang lainnya.

Tidak Menyentuh Wajah
Hindari menyentuh bagian wajah untuk menurunkan risiko penyebaran virus corona, walaupun ini susah dilakukan bagi sebagain banyak orang.

Dan banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus corona dirumah seperti menyemprot / membersihkan permukaan barang dengan disinfektan, menutup mulut saat batuk dan bersin, tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain, menerapkan physical distancing dll

0 Komentar